Cara melatih otot leher ayam aduan

Semua penghobi ayam pasti menginginkan ayam aduan yang dimilikinya memiliki otot yang kuat dan bisa menjadi sang juara di arena ring aduan.Untuk menjadikan ayam aduan anda agar memiliki otot yang bagus pada bagian leher sebaiknya lakukan beberapa langkah untuk membentuk otot leher ayam aduan menjadi kuat.Bagi anda yang belum tahu tentang cara melatih otot leher menjadi kuat disini saya akan berbagi pengalaman tentang cara melatih otot leher ayam aduan.


Cara melatih otot leher pada ayam aduan dengan baik dan benar diantaranya sebagai berikut;

  • Melatih otot leher ayam bangkok aduan supaya menjadi kuat perlu dibina dan diperlakukan dengan latihan secara rutin. cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara memegang bagian depan & bagian belakang dari tubuh ayam bangkok dengan kedua pergelangan tangan. bagian paha tertumpu pada pergelangan tangan kiri, sedangkan pergelangan kanan untuk menumpu leher. dalam posisi jongkok, kita gerakkan kedua pergelangan tangan tersebut ke depan, belakang, kiri & ke kanan.


  • Apabila diberlakukan hal tersebut, ayam bangkok aduan akan mengikuti arah gerakan tangan kita. ayam bangkok yg sudah terbiasa dengan latihan "senam leher" seperti ini akan memiliki leher dengan susunan otot yangg lebih kuat dan rapat . latihan senam semacam ini juga bisa berguna untuk memperkuat otot-otot bagian kaki, karena bagian ini secara alamiah akan bergerak aktif juga.


  • Pada tahap awal latihan dapat dilakukan latihan selama 2 menit terlebih dahulu sebagai tahap pemanasan agar mencegah dari kram otot. setelah seminggu kemudian barulah ditingkatkan menjadi 3-4 menit. apabila ayam sudah terbiasa dengan latihan ini, untuk fase yang selanjutnya dilakukan secara rutin selama 5 menit setiap hari. 

  • Jenis leher ayam bangkok aduan yang bagus sebenarnya dapat dideteksi dengan cara memegang lehernya. struktur leher yang baik sebenarnya lentur, akan tetapi ruas tulang leher rapat sehingga memudahkan ayam untuk menghindar, selain itu juga efektif untuk mengunci pergerakan lawan. alternatif lain yang dapat dilakukan untuk melasih otot leher ayam yaitu dengan rajin mengurut ayam. hasil yang didapat setelah ayam sudah berumur dan siap untuk ditarungkan, pukulan-pukulan dari lawan yg diterima ayam bangkok akan dirasa ringan, malahan secara alamiah akan membuat otot leher menjadi lebih kuat dan kokoh.
  • Membina otot leher ayam harus berkelanjutan dan berkesinambungan, supaya hasil yang didapat akan memperoleh hasil yang maksimal. leher ayam yg terlalu panjang kurang baik karena akan membuat ayam bangkok sulit menghindar dari pukulan lawan. sebaliknya leher ayam yg terlalu pendek, akan membuat ayam sulit untuk mengunci lawan.


                   Manfaat kunyit untuk ayam bangkok aduan

Sebenarnya manfaat dan khasiat kunyit sudah dikenal oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu kala yang khasiatnya sudah teruji dan dapat dimanfaatkan untuk kehidupan kita sebagai generasi penerus selanjutnya. berbekal dari pengalaman nenek moyang, untuk ayam bangkok aduan kunyit sangat penting sekali kegunaannya terutama sebagai penjaga kesehatan ayam. selain bawang putih, kunir juga dipercaya dapat mengobati masalah-masalah atau penyakit pada ayam. 

Adapun manfaat kunyit untuk ayam bangkok aduan sehari-hari yaitu 
1. Menambah nafsu makan
Pemberian kunyit atau kunir merupakan langkah tepat dimana ayam mulai kekurangan nafsu makan.karena kunyit bisa menjai faktor penunjang nafsu makan pada ayam bangkok aduan.
2. Antibiotik (vaksin)
Bagi ayam bangkok aduan alangkah baiknya jika pemberian vaksin digantikan oleh kunyit.lebih alami karena kunyit adalah jenis obat tradisional.
3. Diare
Kunyit dipercaya mengurangi mencret pada ayam. diare pada ayam biasanya disebabkan oleh meminum air yang terlalu banyak dan penyebab lainnya. Untuk itu, pemberian kunir adalah solusi yang tepat untuk mengobati diare
4. Lesu/kurang agresif
Ayam bangkok aduan yang lesu atau kurang bergairah dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang dipotong menjadi 1/4 bagian siung kecil kemudian dilolohkan utuh tanpa di tumbuk untuk ayam dewasa.



Cara melatih otot leher ayam aduan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. INFO AYAM https://peduliayam.com/2019/05/09/mengenal-lebih-tentang-ayam-asli-vietnam-saigon/ dibaca ya gan

    ReplyDelete

Komentar Spam,sara Dan Promosi tidak sesuai Topik artikel akan kami hapus Tanpa pemberitahuan.