Ciri Ayam bangkok Jantan Dan Betina Unggulan Ayam Bangkok Berkualitas

Salah satu kunci sukses menjadi breeder ayam bangkok adalah pandai dalam memilih jago dan indukan yang akan dikawinkan. Indukan jantan dan indukan betina harus memenuhi syarat tertentu. Ini supaya anakan ayam bangkok yang nantinya dihasilkan memiliki sifat-sifat unggul. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang ciri-ciri ayam bangkok betina yang baik untuk dijadikan babon cetak atau indukan. Ciri-ciri ayam bangkok betina berikut ini banyak digunakan breeder-breder terkenal dalam menyeleksi dan memilih babon-babon yang nantinya digunakan. Ayam Bangkok Betina untuk Babon Cetak Ciri ayam bangkok betina yang baik digunakan sebagai babon cetak bisa kita lihat langsung dari fisiknya dan dari riwayat asal usul keturunannya.

kita dapat memperhatikan bagaimana bentuk kepala, mata, bada, kaki, tulang sapit, taji, dan bulunya. Sedangkan dari riwayatnya kita bisa memperhatikan asal-usul trah keturunannya, apakah termasuk keturunan ayam bangkok juara atau tidak, apakah sering terkena penyakit atau tidak, dan lain sebagainya.

Ciri Ciri ayam Bangkok Indukan Jantan Yang Akan Diambil Trahnya(cetak)

1. Kepala seperti buah pinang
2. Tulang kepala tebal dengan alis menjorok keluar
3. Tulang leher rapat
4. Kepak sayap rapat ke badan
5. Paruh melengkung sepeti paruh elang dan agak panjang
6. Kaki dan sisik kering
7. Jari kaki halus dan panjang
8. Tulang ekor(tulang sapit udang) rapat dan keras
9. Mempunyai kokok yang besar
10. Bulu mengkilat
11. Memiliki badan yang bulat seperti batang pinang
12. Memiliki tulang yang kokoh dan tegak seperti burung elang




Usahakanlah dari anak ayam sampai ayam dewasa dalam pemberian pakan  memenuhi kebutuhan ayam sesuai dengan umurnya.Ayam yang terpenuhi nilai  pakannya dan tak akan pernah sakit merupakan modal utama untuk menjadi  petarung yang tangguh.Umur induk jantan baru bisa diambil keturunannya  setelah berumur 1 tahun 6 bulan atau setelah mengalami satu kali masa  mabung/ganti bulu dan untuk induk betina setelah 3 kali masa  bertelur.Tapi pengalaman yang saya dapati makin tua induk jantan ataupun  induk betina semakin bagus,selagi induk tersebut masih produktif dan  masih mau kawin.Ciri Ayam bangkok Jantan Dan Betina Unggulan Ayam Bangkok Berkualitas


Ciri Ciri ayam Bangkok Betina Yang Akan Dijadikan Indukan Ayam(cetak)
1. Bentuk kepala Ayam bangkok betina yang akan digunakan sebagai babon sebaiknya memiliki bentuk kepala yang bila dilihat dari depan menyerupai bentuk kepala ular. Ayam betina dengan bentuk kepala seperti ini umumnya akan menghasilkan anakan yang memiliki pergerakan luwes, terutama jika dikawinkan dengan jantan yang berkepala menyerupai buah pinang. Pergerakan kepala yang luwes memungkinkan ayam bangkok yang dihasilkan dari proses breeding memiliki kemampuan menghindari pukulan lawan yang baik. Ayam bangkok menjadi sukar dipukul oleh lawannya.

2. Mata Mata ayam bangkok betina yang menjorok ke dalam biasanya menandakan bahwa ayam tersebut memiliki sifat keibuan. Ayam betina calon indukan dengan ciri ini kelak akan merawat anaknya dengan baik hingga tumbuh besar. Tingkat keberhasilan dari proses pengeraman yang dilakukan oleh ayam betina bermata cekung umumnya juga lebih tinggi. Oleh karena itu, jika Anda ingin tingkat keberhasilan breeding tinggi jangan mengabaikan ciri yang satu ini. Selain itu, usahakan pula untuk memilih ayam bangkok betina dengan mata yang bersih. Kebersihan kelopak mata menunjukan bahwa ayam tersebut sehat dan bebas dari penyakit-penyakit serius.

3. Bentuk badan Bentuk badan ayam bangkok betina yang baik untuk dijadikan indukan adalah bentuk badan yang menyerupai bentuk botol. Hal ini bisa Anda rasakan dengan memegang bagian dada dan perut ayam dari bawah sembari mengangkatnya. Jika terasa nyaman dipegang, maka ayam betina tersebut tergolong baik, sedangkan jika sebaliknya, maka lebih baik ayam betina tersebut dijadikan ayam potong saja.

 4. Kaki Dalam ilmu katuranggan, bentuk dan wujud kaki sering menjadi pertimbangan utama ketika akan memilih ayam aduan. Hal yang sama juga berlaku saat kita memilih ayam bangkok betina untuk indukan. Kaki dengan sisik kering dan jari yang panjang biasanya dipilih sebagai prasyarat dalam menghasilkan anakan calon juara. Kaki seperti ini umumnya akan menghasilkan anak ayam bangkok dengan pukulan mematikan.

5. Tulang Sapit Usahakan pula untuk memperhatikan tulang sapit ketika memilih ayam bangkok betina untuk indukan. Tulang sapit atau tulang di bawah pangkal ekor yang lebar (berukuran 3-4 jari) adalah ciri dari ayam bangkok betina yang akan menghasilkan anak ayam berkelas.

6. Bulu Bulu merupakan indikator kesehatan dalam dunia unggas. Bulu yang bersih dan mengkilat adalah ciri luar yang menandakan ayam memiliki ketahanan fisik yang baik. Oleh karena itu, saat memilih ayam bangkok betina sebagai indukan babon cetak, perhatikan bulunya. Jika kusam dan kotor, sebaiknya pilih yang lain saja.

7. Taji Ini merupakan pertimbangan yang sebetulnya tidak penting-penting amat. Anda bisa menggunakan ayam bangkok betina yang tidak memiliki jalu sebagai indukan. Tapi akan lebih baik lagi jika jalu mereka sudah tumbuh.

8. Silsilah Nah, poin terakhir inilah yang menurut saya paling penting. Perhatikan betul-betul silsilah dari ayam betina yang akan dijadikan indukan babon. Jangan sekali-kali menggunakan babon yang tak jelas asal usulnya. Meski dikawinkan dengan pejantan berkualitas, kemungkinan ia dapat menghasilkan ayam bangkok berkelas menjadi sangat tipis. Ayam bangkok betina yang berasal dari silsilah ayam juara juga harus tetap diseleksi. Karena tidak semua keturunannya memiliki genetik yang baik sebagai ayam adu. Demikianlah beberapa ciri ayam bangkok betina yang baik digunakan sebagai babon.



Yang Harus Diperhatikan Untuk Mendapatkan  Ayam Petarung Yang Unggul

1. Selain bertulang kokoh dan rapat,ayam aduan kalau berdiri tegak  elang.Ayam seperti ini kalau berkelahi kepalanya tegak keatas untuk  mematuk kepala lawan dan mempunyai kekuatan mendorong yang besar waktu  berkelahi.

2. Mempunyai kepak sayap yang rapat kebadan,sehingga waktu berkelahi  kepala lawan susah masuk kesela-sela sayap dan pukulan lawan juga sulit  masuk ke kepak sayap ayam,memiliki bulu sayap dan ekor yang lengkap.

3. Mempunyai sisik kaki yang kering dan keras.Sewaktu adu pukulan ayam  takkan merasa sakit dan memiliki ruas tulang leher yang rapat.

4. Mempunyai jari kaki yang kecil dan panjang.Ayam seperti ini mempunyai pukulan yang menyakitkan.

5. Mempunyai kaki yang pipih,dimana bagian samping lebih lebar dari  bagian kaki depannya.Ayam seperti ini memiliki pukulan yang mematikan.

6. Mempunyai tulang sapit udang/tulang kloaka yang rapat dan keras.Kalau  rapat ayam rajin melakukan pukulan dan memiliki napas yang lebih  panjang.Semakin keras tulang kloaka/sapit udang semakin keras pula  pukulan yang dimilikinya.

7. Memiliki kepala seperti buah pinang dan bulu yang tebal.Kepala  seperti ini mempuyai kelincahan mematuk lawan.Dan bulu yang tebal  berfungsi untuk menahan pukulan yang diterima.

8. Memiliki pukulan menyilang atau menggunting.Ayam seperti ini mampu  mematahkan leher lawannya.Ayam ini kalau hendak memukul posisi kakinya  tidak sejajar,posisi kakinya seperti hendak melangkah.

9. Mempunyai kaki yang besar pada pergelangan kaki.Kaki dari lutut  sampai kepergelangan kaki makin besar.Ayam seperti ini memiliki pukulan  yang keras.

10. Untuk ayam pukul pilih ayam yang memiliki pergelangan kaki yang  besar sedangkan untuk ayam taji pilih ayam yang memilki pergelangan kaki  kecil atau sedang.

Selain kepintarannya berkelahi ayam bangkok/aduan memiliki warna bulu  yang beragam.Ada sebagian penghobi suka mengoleksi ayam aduan dengan  warna dan corak bulu tertentu.Sebetulnya warna bulu mempunyai pengaruh  terhadap penampilan ayam aduan/bangkok,bahkan bisa mempengaruhi mental  lawannya.Dibawah ini ada beberapa warna dan corak bulu ayam menurut  kelasnya :

1. Wiring Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer dan berkelas  adalah warna wiring kuning. Corak warna wiring adalah terdiri dari warna  dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning  kemerahan. Jika warna rawis yang dominan adalah kuningkeemasan dan  memiliki kaki dan paruh berwarna kuning maka disebut sebagai wiring  kuning. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut wiring  galih.

2. Taduang/hitamBulu ayam bangkok yang berkelas setelah wiring adalah  taduang/hitam, rawis dan bulu hias juga hitam.Kalau paruh,kaki dan mata  juga hitam maka disebut sipatuang rimbo.Ayam sipatuang rimbo ini  memiliki keistimewaan atau tuah yang akan kita bahas nantinya.

3. Bangkeh berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam  bangkeh memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu  kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut  bangkeh emas dan jika warna bulu lebih gelap kemerahan disebut dengan  bangkeh api.

4. Kanso/klabu Warna kanso memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya  berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan kanso monyet dan  jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut kanso api.

5. Kuriak/Jali Warna kuriak adalah warna yang merupakan campuran  beberapa warna tapi dalam catatan ada garis-garis kecil.Atau campuran  beberapa warna dimana setiap helai bulunya bergaris-garis kecil.Seperti  hitam-putih-hitam-putih ada juga abu-abu-putih abu-abu-putih dan begitu  juga warna yang lainnya. Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. Ada  orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena  kelangkaannya dan berkesan eksotis.

6. Kinantan/putihWarna putih kinantan adalah warna bulu putih.rawis dan  bulu hias juga putih ditambah sisik dan mata juga putih.ayam warna ini  memiliki tuah/keistimewaan dari ayam yang lain. Ada juga warna putih usu  adalah warna bulu putih semua termasuk bulu hias dan bulu rawis,kaki  berwarna kuning dan paruh berwarna putih.warna usu ini juga punya  keistimewaan ,kita bahas pada bab berikutnya.

Warna ayam di atas adalah warna-warna utama. Dalam persilangan lebih  lanjut bisa saja masing-masing warna memiliki varian yang beragam.  Sebagian pengadu menganggap warna sebagai standar kualitas. Didalam  pertarungan warna bulu memegang peranan cukup berarti karena warna bulu  bisa mempengaruhi mental lawan. Warna wiring,taduang,dan bangkeh adalah  warna paling berkelas dibanding warna-warna lain.


Demikian artikel tentang Ciri Ayam bangkok Jantan Dan Betina Unggulan Ayam Bangkok Berkualitas, Semoga bermanfaat buat anda para peghobi ayam bangkok. Salam satu Hobi

Ciri Ayam bangkok Jantan Dan Betina Unggulan Ayam Bangkok Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

16 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Doping ayam mana yang sering anda gunakan? tradisional atau kimia ? https://peduliayam.com/2019/05/10/2-jenis-doping-ayam-laga-indonesia/ cari tahu disini

    ReplyDelete
  4. BISA DEPOSIT via OVO

    CemePoker yaitu agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan bermacam macam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg perwakilan judi poker bersama rating win tertinggi.
    cemepoker menjamin 100% keamanan setengah membernya masih pemain Poker ana dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai sembarangan nantikan pemberian merengkuh tiap-tiap bulannya dan upah referal segolongan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo join hari ini di cemepoker.biz

    ReplyDelete
  5. Live Casino Winning303 Hadirkan Permainan Casino Kelas Dunia
    Permainan Populer Dunia Semua Kami Hadirkan Disini Seperti :
    -Baccarat
    -Dragon Tiger
    -Sic Bo
    -Roulette
    -Bull Fight
    -Fish Prawn Crab
    -Black Jack
    -Super Fantan
    -Super Hi-Lo
    -Super 3 Picture

    Jangan Sampai Ketinggalan Ya...
    Dapatkan Bonus New Member 20% Langsung...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  6. BONUS 10% SETIAP HARI

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan buat pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di cabang judi online yg berderajat International, benar dan terpercaya hanya di judi deposit pulsa.

    Sbg Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.site/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    promo s128 sabung ayam

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link zeusbola
    livechat zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  7. Situs BandarQ Online menjadi tempat bertaruhnya para penjudi online yang gemar memainkan permainan kartu domino99. Permainan bandarq sangat populer di Indonesia, apalagi tersedia di Pokervita selaku partner resmi PKV Games sebagai server penyedia permainan ini.

    Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Situs BandarQ Online Terpercaya dan Terbaik 2020
    Situs Bandar Sakong Online Uang Asli Terpercaya 2020


    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  8. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO,DANA,GOPAY,PULSA Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  9. Perjudian Sabung Ayam kini dapat dengan mudah dinikmati oleh berbagai kalangan. Tidak perlu pusing Museumayam hadir dengan menyediakan layanan deposit via pulsa tanpa potongan untuk game sabung ayam online. Tunggu apa lagi mari gabung dan nikmati taruhan sabung ayam via pulsa tanpa potongan.

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel Online
    Museumbola Livecasino
    Sabung Ayam club388
    togel online
    Museum Ayam
    Poker Online Pulsa
    Agen Togel Pulsa
    Bandar Togel Pulsa
    Togel Online Pulsa

    ReplyDelete
  10. SITUS SLOT & SABUNG AYAM ONLINE 2021 PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Bingung memilih agen online terpercaya??
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  11. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA
    Buruan Main dan Tingkatkan Level Anda
    BRONZE = 25RB
    SILVER = 400RB
    GOLD = 2JT
    DAN SETERUSNYA
    BURUAN DAFTAR....
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete
  12. Anda suka bermain poker?
    mau bonus harian & mingguan?

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    ReplyDelete
  13. Result Togel Hari ini

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : winning-303,com (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman

    ReplyDelete
  14. Menang kalah dpat Bonus 5% ayo bermain casino di bolavita
    semakin byk bermain semakin banyk Rolingan ny...
    ayo tgu apa lagi silahkn regis dan buktikan sendri ^^
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :0812-1495-2061

    ReplyDelete
  15. Daftar 7 Provider Slot Online Terbaik Dan Mudah Menang 2022 BOLAVITA adalah:
    ♣ Slot Pragmatic Play
    ♣ Slot Playtech
    ♣ Slot Joker123
    ♣ Slot Habanero
    ♣ Slot Dreamtech
    ♣ Slot PG Soft
    ♣ Slot CQ9

    Dapatkan BONUS 100% New Member Slot di BOLAVITA , dengan syarat dan ketentuan yang berlaku !!

    Maksimal bonus yang akan didapatkan adalah Rp 500.000 dengan minimal deposit hanya Rp 50.000 saja.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    #bolavita #promobolavita #slotonline #slotgacor #slotgacorbankdeposit #depositviabsi #depositviadana #slotbolavita #daftarslotonlineterbaik

    ReplyDelete

Komentar Spam,sara Dan Promosi tidak sesuai Topik artikel akan kami hapus Tanpa pemberitahuan.